Indonesia Mengajar

Posted: March 10, 2011 in Uncategorized

diunduh dari http://www.indonesiamengajar.org

Tentang IM

Melalui Indonesia Mengajar, kita mengajak putra-putri terbaik di republik ini, generasi baru yang terdidik, berprestasi dan memiliki semangat juang untuk menjadi Guru SD selama 1 tahun di pelosok Indonesia.

Indonesia Mengajar adalah sebuah ikhtiar untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Indonesia Mengajar tidak berpretensi untuk menyelesaikan seluruh persoalan pendidikan di Indonesia. Indonesia Mengajar meyakini bahwa hadirnya putra-putri terbaik Indonesia sebagai guru mendorong peningkatan kualitas pendidikan kita.

Indonesia Mengajar yakin bahwa pendidikan adalah sebuah gerakan. Pendidikan bukan sekedar program yang dijalankan pemerintah, sekolah dan para guru. Pendidikan adalah gerakan mencerdaskan bangsa yang harus melibatkan semua orang. Ini semua didasarkan pada keyakinan kita bahwa mendidik adalah tugas setiap orang terdidik.

Indonesia Mengajar menempatkan sarjana-sarjana terbaik di pelosok negeri. Kehadiran mereka disana untuk mengajar, mendidik, menginspirasi dan menjadi jembatan bagi masyarakat desa-desa dengan pusat-pusat kemajuan. Di pelosok negeri itu, para Pengajar Muda akan memiliki kawan baru, rumah baru, dan keluarga baru. Desa-desa itu akan selalu menjadi bagian dari diri mereka. Begitu juga sebaliknya, para Pengajar Muda itu akan meninggalkan ilmu, inspirasi dan kenangan di masyarakat desa di pelosok negeri. Tanda pahala para Pengajar Muda itu akan membekas di setiap prestasi anak-anak dan di setiap kemajuan di desa-desa. Indonesia Mengajar yakin bahwa itu semua adalah rajutan erat yang akan menguatkan tenun kebangsaan kita.

Visi dan Misi
Visi:
Diinspirasi oleh janji kemerdekaan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, Indonesia dipenuhi oleh anak-anak muda yang tulus mengabdi menjadi guru selama waktu tertentu di daerah, menularkan semangat optimisme dan menjadi jendela kemajuan di tingkat akar rumput sekaligus belajar untuk peka dan peduli pada realitas kehidupan bangsanya. Kehadiran, hidup dan tinggalnya mereka bersama sekolah, rumah dan keluarga barunya akan merajut tenun kebangsaan yang lebih kokoh. Kelak, Indonesia akan dipenuhi oleh pemimpin baru yang memiliki kompetensi kelas dunia dan pemahaman akar rumput yang lahir dari anak-anak muda terbaik pada generasinya yang diberi kesempatan untuk hidup, tinggal, bekerja, dan berinteraksi di dunia pendidikan bersama rakyat di segala penjuru, termasuk di daerah terpencil.

Misi:
Indonesia Mengajar memiliki misi ganda, yaitu mengisi kekurangan guru berkualitas di daerah yang membutuhkan serta menjadi wahana belajar kepemimpinan bagi anak-anak muda terbaik Indonesia agar memiliki kompetensi kelas dunia dan pemahanan akar rumput.

IM membantu mengisi kekurangan guru sekolah dasar khususnya di daerah terpencil dengan mengirimkan lulusan terbaik PT di Indonesia yang telah dididik intensif untuk menguasai kapasitas kepengajaran dan kepemimpinan untuk bekerja sebagai guru (atau disebut pengajar-muda) selama 1 tahun. Selama periode berikutnya, IM akan terus mengirim secara bergantian di sekolah yang sama atau berganti yang lain sesuai penilaian dan kesepakatan dengan pemerintah.

IM memfasilitasi para pengajar-muda ini untuk tinggal, hidup dan belajar dari masyarakatnya selama 1 tahun dengan bekerja di sekolah dasar dan tinggal di sebuah rumah penduduk bersama keluarga baru mereka. Setiap pengajar-muda akan bertugas pada 1 sekolah dasar, tinggal di satu keluarga dan menjadi bagian dari masyarakat daerah itu selama setahun. Tantangan, hambatan dan segala pengalaman ini akan membentuk karakter kepemimpinan sekaligus merajut tenun kebangsaan yang lebih kokoh. Apa yang mereka lewati akan menjadi pelajaran seumur hidup bagi mereka, dan apa yang mereka tularkan di sekolah dan masyarakatnya juga akan menjadi memori seumur hidup bagi anak-anak dan masyarakatnya.

Deskripsi Program
Setelah melalui pelatihan, para Pengajar Muda akan dikirim ke daerah untuk bekerja selama 1 tahun. Setiap PM akan bertugas di sebuah sekolah dasar (dapat negeri atau swasta) yang ditentukan bersama dengan Pemda. Setiap PM akan tinggal bersama dengan sebuah keluarga di lingkungan sekolah.

Pengajar Muda akan terlibat aktif dalam berbagai kegiatan terkait pendidikan yang dapat dipilah menjadi:

  1. Kegiatan kurikuler, merupakan komponen pokok program, yaitu segala kegiatan terkait belajar-mengajar dari sejak perencanaan belajar sampai evaluasi.
  2. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
  3. Kegiatan pembelajaran masyarakat, yaitu segala kegiatan belajar bersama masyarakat.
  4. Kegiatan jaringan dan advokasi pendidikan, yaitu segala kegiatan untuk membangun, memelihara dan menjalin komunikasi dengan pemangku kepentingan di bidang pendidikan di wilayah terkait.

Pengajar Muda dibentuk dalam tim-tim tertentu sebagai kelompok saling-dukung namun demikian tetap ada kemungkinan dapat bertugas dan tinggal jauh dari PM yang lain. Fasilitas di lokasi bervariasi tetapi secara umum tidak tersedia listrik dan sinyal komunikasi secara baik. Dalam beberapa kasus, wilayah tertentu amat jauh, sulit terjangkau dengan tanpa adanya listrik dan sinyal.

Pengajar Muda diminta untuk mengambil inisiatif dalam menyusun sendiri programnya disesuaikan dengan kondisi yang ada, mengkomunikasikan dengan pihak sekolah atau pihak terkait lain, menggalang dukungan komunitas serta melaksanakan kegiatan dengan sumberdaya yang terbatas.

Kriteria Pengajar Muda
Indonesia Mengajar (IM) percaya bahwa kualitas pendidikan berkait erat dengan kualitas tenaga pengajar. Dengan demikian, IM berkepentingan untuk merekrut generasi muda dengan kriteria sebagai berikut:

  • Minimal lulusan S1.
  • Fresh graduate, maksimal dua tahun setelah lulus.
  • WNI, umur maksimal 25 tahun dan belum menikah.
  • IPK minimal 3,0 dalam skala 4,0 dari berbagai disiplin ilmu.
  • Berprestasi baik di dalam maupun di luar kampus.
  • Mengedepankan jiwa kepemimpinan yang ditunjukkan dengan pengalaman berorganisasi.
  • Mengedepankan kepedulian sosial dan semangat pengabdian.
  • Memiliki antusiasme dan passion dalam dunia pendidikan, khususnya untuk kegiatan belajar-mengajar
  • Menghargai dan berempati terhadap orang lain.
  • Memiliki semangat juang, kemampuan adaptasi yang tinggi, menyukai tantangan dan kemampuan problem solving.
  • Memiliki hobi atau keterampilan non-akademis yang menarik dan bermanfaat.
  • Sehat secara fisik dan mental.
  • Bersedia ditempatkan di daerah terpencil selama satu tahun.

 

TAHAPAN SELEKSI PENGAJAR MUDA ANGKATAN KE-2

REKRUTMEN melalui Pendaftaran online:

Kandidat wajib mengisi aplikasi pendaftaran secara online melaluiregistrasi.indonesiamengajar.org. Tanggal pendaftaran: 131 Januari 2011.

SELEKSI tahap 1:

Penilaian Dokumen adalah penilaian terhadap aplikasi pendaftaran yang telah diisi oleh kandidat.

Pengumuman tahap 1 diumumkan pada tanggal 14 Februari 2011.

 

SELEKSI tahap 2:

Asesmen Langsung, terdiri dari beberapa kegiatan, misalnya:

1. Psikotest;

2. Self Presentation;

3. Focus Group Discussion;

4. Simulasi Mengajar; dan

5. Wawancara

Seleksi tahap 2 akan dilakukan di Jakarta, Yogyakarta, Makassar, dan Surabaya. Pelaksanaan Seleksi 2 dimulai pada pertengahan bulan Februari sampai Maret.

Bagi kandidat yang lolos seleksi tahap 2 akan dipanggil untuk tes kesehatan.

Pengumuman Pengajar Muda Angkatan II akan diumumkan di website pada tanggal 30 Maret 2011.

 

Comments
  1. Winardi Jowo says:

    uNTUK tahun 2012 kapan ya kira-kira dibuka lagi…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s